Home / Nasional / Dermaga Kolbano Rusak Diterjang Rob

Dermaga Kolbano Rusak Diterjang Rob

Dermaga Kolbano Rusak Diterjang Rob/Foto: Dody Kudji Lede
Dermaga Kolbano Rusak Diterjang Rob/Foto: Dody Kudji Lede

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Dermaga Kolbano sepanjang 70 meter di pesisir Pantai Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur dilaporkan rusak akibat ditejrang rob.

Rob menerjang pesisir wilayah itu sejak Jumat (28/4) dan masih berlangsung sampai Sabtu (29/4). “Bagian kiri jembatan Kolbano mulai rusak karena dihantam gelombang tinggi termasuk tiang-tiang lampujuga rusak,” kata Dody Kudji Lede, warga Kota Kupang yang dihubungi di Kolbano. .

Dody mengatakan tidak ada petugas dari dinas pekerjaan umum maupun dinas perhubungan di lokasi tersebut. Dermaga Kolbano dibangun mengunakan dana APBN 2012-2015 dengan anggaran sebesar Rp106 miliar.

Sementara itu warga dari desa-desa pesisir yang satu hari sebelumnya mengungsi karena rob, sudah kembali ke rumah masing-masing. Musibah tersebut mengakibatkan dua rumah penduduk Desa Fatu Un, Kecamatan Kualin mengalami rusak ringan, dan tiga rumah lainnya tergenang air laut.

Baca Juga :  Penyerapan Beras Petani di NTT Baru 0,38%

Rob yang menerjang pesisir selatan Kabupaten Timor Tengah Selatan itu dipicu siklon Frances yang memicu gelombang di perairan mencapai ketinggian 2,5-4 meter, dan kecepatan angin maksimum mencapai 35 kilometer per jam.

Sesuai laporan BMKG, pada pada 29 April pagi, badai terus bergerak menjauhi perairan Indonesia. Lokasi badai berada sekitar 330 kilometer di sebelah selatan barat daya Pulau Rote. Badai diperkirakan menghilang dari perairan Indonesia pada 2 Mei mendatang.

BMKG juga mengingatkan warga mewaspadai perairan yang bergelombang tinggi yakni di daerah itu mulai dari selatan Pulau Semau hingga Pulau Rote, Samudra Hindia selatan NTT, Laut Timor selatan NTT. (sumber: mi/palce)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda