Home / Daerah / Cuaca Ekstrem, TN Komodo Batasi Area Kunjungan

Cuaca Ekstrem, TN Komodo Batasi Area Kunjungan

Gerbang Loh Buaya, Pulau Rinca. Foto: Lintasntt.com
Gerbang Loh Buaya, Pulau Rinca. Foto: Lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Labuan Bajo–Kunjungan wisatawan ke pulau-pulau di area Taman Nasional (TN) Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur dibatasi akibat cuaca ekstrem, Rabu (31/1/2018).

Pembatasan area kunjungan untuk keselamatan, karena saat ini perairan antara Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat dan Pulau Komodo bergelombang tinggi disertai angin kencang.

Kepala Taman Nasional Komodo Sudiyono mengatakan wisatawan hanya diperbolehkan mengunjungi Pulau Rinca untuk berwisata melihat komodo (veranus komodoensis).

“Kita batasi (kunjungan wisatawan), kita sarankan berwisata hanya ke Pulau Rinca saja,” kata Sudiyono.

Dalam kondisi normal, setiap hari sedikitnya 300 kapal wisatawna mengangkut wisatawan untuk mengunjungi pulau-pulau di kawasan tersebut, termasuk Pulau Komodo dan Rinca.

Baca Juga :  Honorer Pemprov NTT akan Dipindahkan ke UPT

Adapun kunjungan ke Pulau Padar, juga dibatasi. Wisatawan diingatkan mengenai potensi petir di Padar Selatan dan Gili Lawak. “Kita belum memasang antipetir di dua lokasi itu,” kata Dia.

Pembatasan area kunjungan menurut Dia, akan berdampak terhadap kedatangan wisatawan ke Labuan Bajo. Namun, cuaca buruk di wilayah itu belum menimbulkan kerusakan fasilitas umum. “Untuk efek kerusakan akibat cuaca ekstrem belum ada,” ujarnya. (mi/po)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda