Home / Humaniora / Calon TKI yang Ditampung PT Malindo Tidur Berhimpitan di Lantai

Calon TKI yang Ditampung PT Malindo Tidur Berhimpitan di Lantai

Bagikan Halaman ini

Share Button
Calon TKI Tidur Berhimpitan di Lantai/Foto: George

Calon TKI Tidur Berhimpitan di Lantai/Foto: George

Kupang—:Kondisi perempuan calon tenaga kerja Indonesia (TKI) yang ditampung di rumah yang dijadikan kantor cabang PT Malindo Perkasa di Kelurahan Kolhua, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, NTT medmprihatinkan.

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri yang melakukan sidak ke tempat penampungan tenaga kerja tersebut, Rabu (26/11) malam, menemukan 11 perempuan tidur di tiga kamar berbeda. Dari jumlah itu, tujuh orang tidur berhimpitan di dalam satu ruangan.

Para perempuan yang seluruhnya direkrut dari sejumlah tempat di Pulau Sumba tersebut tidur hanya beralaskan matras tanpa alas kepala. Sedangkan barang-barang mereka dikemas dalam tas dan diletakan di pinggir matras.

Baca Juga :  Mantan Ketua KPU NTT Meninggal

Menteri Hanif marah melihat kondisi para calon TKI tersebut. Apalagi sesuai aturan, kantor cabang Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) tidak boleh menampung calon TKI, kecuali kantor pusat PJTKI.

Selain itu tempat penampungan itu tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan Kementerian Tenaga Kerja berdasarkan Permen Nomor 7 Tahun 2005 tentang Standardisasi Penampungan TKI.

Handphon para calon TKI juga disita guna mencegah mereka berkomunikasi bersama keluarga. Larangan berkomunikasi dengan keluarga tersebut ditulis pada papan yang ditempel di dinding di ruang depan. Seluruh calon TKI yang ditampung di tempat itu diwawancarai satu per satu oleh Hanif hingga jelang tengah malam. Mereka mengatakan ditampung di tempat itu sejak dua bulan terakhir.

Baca Juga :  Dua Nelayan Tewas Tenggelam di Pantai Namosain

Hanif kemudian minta lokasi penampungan itu ditutup. Akan tetapi jika pengelola tetap melanggar, ia janji akan mencabut izin PT Malindo Perkasa. (gba)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda