Home / Humaniora / Cakupan Imunisasi MR di TTU Tertinggi Nasional

Cakupan Imunisasi MR di TTU Tertinggi Nasional

Cakupan Imunisasi MR per Kabupaten
Cakupan Imunisasi MR per Kabupaten

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi kabupaten pertama di Indonesia yang mencatat prosentase imunisasi measles-rubella (MR) tertinggi secara nasional.

Sesuai data yang dipublikasikan Dinas Kesehatan NTT, Jumat (14/9) petang, capaian imunisasi MR di daerah itu 98,6% atau 79.785 anak dari target 80.920 anak. Prosentase itu jauh di atas target yang ditetapkan pemerintah sebesar 95%.

“Kami bangga dan menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Timor Tengah Utara dan para pahlawan MR di sana,” kata Kepala Dinas Kesehatan NTT dokter Dominikus Mere.

Dengan demikian, masih 1.185 anak yang akan diberi vaksin MR hingga pekan depan. Pemerintah daerah memperkirakan imunisasi MR di kabupaten yang berbatasan dengan Timor Leste itu tuntas pekan depan.

Baca Juga :  Seluruh Nelayan Terseret Paus Selamat

Kabupaten dengan cakupan imunisasi MR terbesar kedua ialah Ngada di Pulau Flores sebesar 81,08%, Timor Tengah Selatan 79,48%, Sumba Timur 78,71%, Sikka 78,79%, dan Sumba Tengah 78,68%. Sedangkan cakupan terendah di Alor sebesar 64,9%, Manggarai Barat 65,76%, Ende 65,36%, dan Rote Ndao 67,06%.

Sementara itu Dinas Kesehatan Kota Kupang bersama Majelis Ulama (MUI) Kota Kupang menandatangani ‘Komitmen Bersama’ untuk mendorong imunisasi MR di permukiman muslim di berbagai kota di NTT guna mencapai target minimal imunisasi per kabupaten 95%.

Ada lima poin yang disepakati dua pihak yakni imunisasi MR memberikan perlindungan kepada anak dan masyarakat terhadap risiko terkena penyakit campak dan rubela, melanjutkan kampanye imunisasi MR dengan target seluruh anak usia 9 bulan-15 tahun diberi vaksin MR, menghimbau orang tua mendukung pelaksaan imunisasi MR, dan pelaksanaan imunisasi MR dilakukan secara profesional sesuai petunjuk teknis dari pemerintah.

Baca Juga :  Profesionalisme Guru Belum Penuhi Harapan

Kesepakatan itu dibuat menyusul capaian imunisasi MR di permukiman muslim di NTT masih minim atau baru mencapai 9,04%. (sumber:mi/palce amalo)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda