Home / Politik / Cagub-Cawagub NTT Punya Waktu Tiga Hari Ajukan Gugatan

Cagub-Cawagub NTT Punya Waktu Tiga Hari Ajukan Gugatan

Debat Ketiga Cagub-Cawagub NTT/Foto: Lintasntt.com
Debat Ketiga Cagub-Cawagub NTT/Foto: Lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

 

Kupang–KPU NTT memberikan waktu 3×24 jam kepada calon gubernur-calon wakil gubernur (Cagub-Cawagub) jika mengajukan permohonan perselisihan hasil pemilihan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kalau pasangan calon gubernur tidak mengajukan perselisihan hasil pemilihan dalam masa itu, berarti mereka tidak keberatan terhadap putusan KPU,” kata Komisioner KPU NTT Thomas Dohu kepada wartawan, Selasa (3/7).

Jika tidak ada gugatan, KPU NTT akan minta keterangan dari MK melalui KPU Pusat yang menyebutkan tidak ada permohonan perselisihan pemilihan.

“Dari dasar surat itu, KPU menggelar pleno penetapan pasangan calon gubernur terpilih. Hal yang sama juga dilakukan oleh KPU Kabupaten untuk pemilihan bupati dan wakil bupati,” ujarnya.

Baca Juga :  Nasdem Gelar Diskusi 'Menuju NTT Berketahanan Pangan'

Ketua KPU NTT Maryanti Luturmas-Adoe mengatakan KPU hanya menggelar pleno rekapitulasi suara pemilihan gubernur yang dijadwalkan 7-9 Juli 2018. Hal tersebut diatur dalam Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2018 .

Pleno rekapitulasi perhitungan suara pemilihan gubernur NTT menghasilkan keputusan KPU, yang kemudian dijadikan rujukan oleh pasangan calon gubernur jika keberatan dan mengajukan permohonan perselisihan hasil pemilihan. “Gugatan ke MK itu diajukan setelah pleno rekapitulasi suara selesai,” tandasnya. (sumber: mi/palce amalo)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda