Home / Nasional / BUMN dan Undana Sinergi Bangun Perekonomian

BUMN dan Undana Sinergi Bangun Perekonomian

bumn

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan kondisi perekonomian nasional dan peran BUMN serta meningkatkan link and match antara BUMN dengan perguruan tinggi.

Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, Kementerian BUMN menyelenggarakan kegiatan bertajuk “BUMN Hadir di Kampus Tahun 2017” secara serentak di 28 Universitas.

Sinergi PLN, PT Surveyor Indonesia (PT SI) dan PT Perusahaan Pengelolaan Aset (PT PPA) hadir di Universitas Nusa Cendana (Undana), Kupang, NTT (28/10).

Acara BUMN Hadir di Kampus yang dihadiri 1.050 mahasiswa dan civitas akademika UNDANA ini merupakan kegiatan di mana Menteri BUMN, Pejabat Eselon I Kementerian BUMN dan Direktur BUMN diterjunkan ke Kampus untuk berdiskusi dengan civitas akademika Perguruan Tinggi yang terdiri dari para dosen dan mahasiswa.

Hadir menjadi narasumber dari Kementerian BUMN adalah Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN yang juga Komisaris di PLN Aloysius Kiik Ro; Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali dan Nusa Tenggara (JBTBN) PLN Djoko R. Abumanan, Direktur Utama PT SI M. Arif Zainuddin dan Direktur Utama PT PPA Saiful H. Manan, serta Rektor UNDANA Fredrik Lukas Benu yang membuka kegiatan dan terlibat dalam diskusi.

Dalam pembukaan acara, Rektor UNDANA mengucapkan terima kasih kepada BUMN dan mengajak seluruh civitas akademika UNDANA untuk bersinergi dengan BUMN.

“Terima kasih jajaran manajemen BUMN dan seluruh peserta yang telah hadir pada acara ini. Mari kita bekerjasama untuk memberikan kontribusi yang lebih baik bagi pembangunan generasi muda dan bangsa Indonesia,” ujar Fredik L. Benu.

Baca Juga :  Menteri Pertanian Ancam Produsen Pupuk di Hadapan Petani Noelbaki

Membangun Ekonomi Indonesia Berkeadilan menjadi tajuk utama dalam topik paparan dan diskusi ini.

Deputi Kementerian BUMN dan para Direktur BUMN menjelaskan kepada civitas akademika UNDANA mengenai gambaran kondisi perekonomian nasional; peran strategis BUMN sebagai agen pembangunan dalam penguatan ekonomi nasional; program-program Unggulan BUMN dan BUMN Hadir untuk Negeri demi mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat;

Sinergi BUMN dan Kampus untuk riset dan komersialisasi serta employee link and match.

Para mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk aktif dalam diskusi ini di mana mereka dapat menyumbangkan ide dan aspirasi mengenai kontribusi mereka terhadap pembangunan ekonomi nasional.

Pada dasarnya, BUMN hadir untuk menjawab tantangan yang harus dihadapi Indonesia, yakni melalui peningkatan konektivitas, pembangunan infrastruktur, ketahanan pangan, dan pemberdayaan masyarakat. Dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat dan akses permodalan untuk usaha mikro, kecil dan menengah, BUMN melakukan perluasan usaha sampai ke pelosok negeri.

“Untuk menjawab tantangan tersebut, pemerintah Indonesia saat ini merumuskan sembilan agenda prioritas atau yang disebut dengan Nawacita. Dan selama 3 tahun terakhir ini, kinerja perekonomian Indonesia menunjukkan kualitas hasil yang terus membaik. pertumbuhan ekonomi semakin meningkat di atas 5% atau nomor 3 terbesar diantara negara-negara G20,” jelas Deputy Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius.

Salah satu perwujudan sinergi antara BUMN dan kampus terlaksana pada hari ini di mana dalam program ini juga dilaksanakan kegiatan penghijauan berupa penanaman pohon sebagai salahsatu kegiatan CSR PT Surveyor Indonesia di kampus Nusa Cendana oleh para mahasiswa dan dosen yang dipimpin oleh Rektor dan para Direktur BUMN.

Baca Juga :  Hati-Hati, Gempa Guncang SBD dan Lembata

Selain tanam pohon, sebagai bentuk CSR BUMN juga diserahkan beasiswa sebesar Rp 250 juta untuk 50 mahasiswa UNDANA dan bantuan pelatihan untuk Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNDANA sebesar Rp 150 juta dari PLN Peduli. Bantuan lain yang diberikan adalah pengadaan laptop yang diperuntukan bagi universitas dari PT PPA.

Tidak hanya itu, para peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen UNDANA mendapatkan kesempatan memperoleh hadiah menarik dari BUMN lewat kuis interaktif dan doorprize, seperti motor listrik, kompor induksi, laptop, sepeda, serta ratusan powerbank dan flashdisk.

Melalui BUMN Hadir di Kampus, Menteri BUMN, Rini M.Soemarno mengajak mahasiswa dan mahasiswi agar bersemangat dan aktif bergiat, berinovasi dan berkreasi, memberikan ide-ide dan energi terbaik bagi bangsa dan negara dengan melibatkan diri di berbagai program yang dimotori oleh BUMN.

Rini menegaskan, sudah saatnya BUMN dan generasi muda penerus bangsa bahu-membahu memberikan tenaga dan pikiran bersama untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa. Pada saat yang sama BUMN mendapatkan kesempatan mempersiapkan generasi muda tersebut menjadi calon pemimpin bangsa yang terbaik di masa datang.

Melalui kegiiatan ini diharapkan mahasiswa sebagai bagian penting dari generasi bangsa mampu mengubah bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik, adil, makmur dan sejahtera.

“Saya senang BUMN bisa hadir di kampus. Kami mendapatkan ilmu dan pengetahuan hari ini kami juga mendapatkan banyak bantuan beasiswa, penghijauan, dan banyak hadiah dari BUMN,” ujar Kristin salah satu mahasiswa peserta BUMN Hadir di Kampus. (siaran pers PLN)

Tags : # #

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda