Home / Bisnis / Bulog NTT Siapkan Stok Beras di Kabupaten Antisipasi Lonjakan Harga

Bulog NTT Siapkan Stok Beras di Kabupaten Antisipasi Lonjakan Harga

Kepala Bulog Devisi Regional NTT Eko Pranoto (kiri). Foto: Lintasntt.com
Kepala Bulog Devisi Regional NTT Eko Pranoto (kiri). Foto: Lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

 

Kupang–Bulog Divisi Regional Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai mempersiapkan stok beras sebagai antisipasi lonjakan harga jelang natal dan tahun baru.

“Kita sudah menyebarkan beras ke gudang-gudang bulog di daerah. Pengalaman bulog mulai November, beras sudah harus ada di daerah,” kata Kepala Bulog Devisi Regional NTT Eko Pranoto kepada wartawan di sela-sela Peluncuran Rumah Pangan Kita (RPK) Sasando di Kantor Gubernur NTT, Rabu (17/10).

Pranoto mengatakan beras yang sudah tersedia di gudang berjumlah 27.000 ton antara lain disimpan di gudang di Kabupaten Rote Ndao, Alor, Sumba Timur, Sumba barat, Manggarai, Flores Timur, dan Manggarai Barat.

Menurutnya stok beras di gudang masih bertambah pekan ini. “Masih 17.000 ton beras diangkut kapal dalam pelayaran ke Kupang,” ujarnya.

Baca Juga :  Kota Kupang akan Selesaikan Temuan BPK 60 Hari

Selain beras, Bulog NTT juga menyiapkan stok kebutuhan pokok lainnya seperti bawang merah, bawang putih, gula, dan terigu. “Kami sudah mendatangkan 100 ton bawang merah dari Kabupaten Malaka dan Pulau semau di Kabupaten Kupang,” ujarnya. Bahan kebutuhan pokok tersebut baru akan digelontorkan ke pasar jika harga-harga mulai melonjak.

Menurut Dia, saat ini harga kebutuhan pokok di pasar masih normal, namun Bulog tetap mempersiapkan stok. Jika terjadi lonjakan, harga stok yang ada di gudang tersebut dibawa ke pasar untuk menetralisir harga.

Sementara itu harga beras premium di pasar tradisional mencapai 12.000 per kilogram, dan beras kualitas medium sebesar Rp9.000 per kilogram, dan harga gula sebesar Rp12.500 per kilogram. (gma)

Baca Juga :  Ada Indikasi Mafia, Komisi V akan Potong Subsidi Kapal Ternak

 

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda