Home / Humaniora / BPJS Kota Kupang Buka Pendaftaran JKN dan KIS

BPJS Kota Kupang Buka Pendaftaran JKN dan KIS

Stand BPSJ Kesehatan Kupang/Foto: Ellya Djawas
Stand BPSJ Kesehatan Kupang/Foto: Ellya Djawas

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kantor Cabang Kupang membuka stan untuk melayani warga yang ingin mendaftar menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Stan BPJS tersebut dibuka di pameran pembangunan yang digelar di UPT Taman Budaya Nusa Tenggara Timur.

Kepala Unit pemasaran BPJS KC Kupang Carol Desmon mengatakan untuk peserta JKN terdiri dari beberapa segmen. Salah satu segmen yang paling banyak didaftar adalah peserta mandiri atau perorangan.

“Peserta mandiri adalah mereka yang mampu memdaftarkan diri secara pribadi. Karena mampu memdaftarkan diri secara pribadi maka surat JKN dibayarkab secara pribadi dan beberapa persyaratan itu seperti kartu keluarga (KK), KTP dan pas foto ukuran 3×4,” ujarnya.

Baca Juga :  Apakah Kita Bisa Selamat dari Serangan Jantung?

Ia menjelaskan, peserta yang mendaftar, memiliki hak untuk mendaftar di kelas satu atau kelas dua, dapat menyertakan nomor rekening bank yang menjalin kerjasama dengan BPJS. Kewajiban ini tidak berlaku bagi yang mendaftar untuk kelas tiga.

Menuruntya, sesuai Peraturan Presiden Nomor 19 dan 28 Tahun 2016 pekerja bukan penerima
upah (PBUP) dan bukan pekerja (BP) kelas satu sebesar Rp80.000. Selanjutnya kelas dua sebesar
Rp51.000, dan kelas tiga sebesar Rp25.500.

Sedangkan pekerja penerima upah (PPU), penyesuaian hak kelas perawatan bagi peserta Badan Usaha dan PPNPM. Kelas satu Rp4 juta sampai Rp8 juta, kelas dua UMP sampai dengan Rp4 juta.

Selain itu, BPJS Kesehatan Kupang juga melayani pemeriksaan IVA dan Pap Smear. Pemeriksaan IVA dan Pap Smear bisa dilakukan di laboratium Prodia, klinik Aksa, nekes propinsi, untuk pemeriksaan IVA Pap Smear tidak memakai sistem subsidi tapi di jamin keseluruh khusus ifa dan pap’s smear

Baca Juga :  Rektor PGRI Kupang Mundur

“Pemeriksaan IVA dan Pap Smear untuk deteksi kanker leher rahim jadi ini memang dikhususkan mendeteksi peserta BPJS ini ada terkena penyakit kanker leher rahim,” kata Dr Inayati dari BPJS.

Dia mengatakan jika pemeriksaan IVA atau Pap Smear ditemukan tanda-tanda dini dari kanker leher rahim, akan diserahkan kepada Pemberi Pelayanan Kesehatan (PPK) Tingkat Pertama tempat peserta terdaftar, selanjutnya akan dikonfirmasikan ke puskesmas atau dokter keluarga. (rr)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda