Home / Hukum / BNN Rote Ndao Bentuk Pokmas Pencegahan Narkoba

BNN Rote Ndao Bentuk Pokmas Pencegahan Narkoba

Bagikan Halaman ini

Share Button
Ilustrasi

Ilustrasi

Rote–Lintasntt.com: Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Rote Ndao, NTT, membentuk fasilitator kelompok masyarakat (Pokmas) pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran narkoba di daerah itu.

Fasilitator dibentuk di Kelurahan Metina, Kecamatan Lobalain, bertugas mengawasi dan memberikan informasi adanya dugaan penyalahgunaan tindak pidana narkotika.

Informasi tersebut disampaikan ke BNN atau penegak hukum lainnya untuk dilakukan penindakan. Kepala Sub Bagian Umum BNN Rote Ndao Jodian Suki, S.Sos menyampaikan itu saat pembentukan Pokmas pencegahan narkoba di Metina, Sabtu, 17 Oktober lalu.

Pada kesempatan tersebut peserta diberikan penguatan dan pemahaman hukum pidana tentang Peran dan Fungsi Fasilitator Kelompok Masyarakat dalam Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Masyarakat oleh dosen Universitas Nusa Lontar, Daniel Babu, SH, MH.

Baca Juga :  Keluarga Wartawan Pos Kupang Diintimidasi Oknum Polisi

Menurut Daniel, masyarakat mempunyai hak dan tanggungjawab dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekusor narkotika.

Pembentukan fasilitaor merupakan strategi pencegahan berbasis masyarakat untuk menggugah, mendorong dan menggerakan masyarakat untuk sadar, peduli dan aktif dalam melakukan pencegahan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. “Fasilitator masyarakat harusberani membenarkan hal yang benar daripada membenarkan salah,” ujarnya. (hk)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda