Home / Bisnis / BI-Pemprov NTT Teken Kerjasama Pengembangan Ekonomi Daerah

BI-Pemprov NTT Teken Kerjasama Pengembangan Ekonomi Daerah

Bagikan Halaman ini

Share Button
Foto: Ellya Djawas

Foto: Ellya Djawas

Kupang–Lintasntt.com: Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT) Naek Tigor Sinaga bersama Gubernur Frans Lebu Raya menandatangani kerjasama sinergitas Rabu (28/10).

Kerjasama itu antara lain mencakup pengembangan ekonomi dan pengendalian inflasi daerah.

Tigor mengatakan sebagai penguatan kerjasama dan sinergitas antara BI dan Pemprov NTT, pihaknya membutuhkan payung hukum sebagai landasan yang mendasari kerjasama tersebut.

Ia menyebutkan tujuan yang ingin dicapai BI ialah mencapai kestabilan nilai rupiah. Untuk itu, BI didukung tiga pilar yang merupakan bidang tugasnya selama ini, yaitu menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, dan menjaga stabilitas sistem keuangan.

Baca Juga :  Penyertaan Modal Batal, Proyek Pembibitan Sapi di Kupang Tertunda

“Tiga hal ini perlu diintegrasikan agar tujuan memelihara kestabilan rupiah dapat dicapai secara efektif dan efisien,” katanya.

Karena itu,  BI dan pemerintah pusat menginisiasi suatu bentuk nota kesepahaman untuk merangkum kegiatan kerja sama antara kedua belah pihak yang kemudian ditinjaklanjuti di daerah.

Gubernur NTT Frans Lebu Raya mengatakan beberapa poin penting terkait penandatanganan nota kesepahaman tersebut sangat membantu pertumbuhan ekonomi di NTT. Pada triwulan kedua 2015 angka pertumbuhan ekonomi di NTT mencapai 5,03%, lebih baik dari pertumbuhan nasional yang hanya 4,72%.

Sektor pertanian masih medominasi pertumbuhan ekonomi NTT sehingga menurutnya perlu ada kebijakan pro ekonomi pertanian untuk mendukungan peningkat perekonomian di bidang pertanian.

Baca Juga :  Kini, Pertamina Dex Bisa Dibeli di Kupang

“Ada dua hal yang menjadi kendala utama bagi pertumbuhan ekonomi di NTT yaitu masalah infrstruktur dan masalah SDM,” ujarnya. (rr)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda