Home / Bisnis / BI NTT Musnahkan Rp2 Triliun Uang Lusuh

BI NTT Musnahkan Rp2 Triliun Uang Lusuh

Foto: lintasntt.com
Foto: lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (NTT) Nusa Tenggara Timur (NTT) telah memusnaka uang lusuh sebanyak Rp2 triliun selama Januari-September 2019.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) NTT, Rut Eka Trisilowati mengatakan uang lusuh yang dimusnahkan tersebut meningkat 25% dari t 25% dibandingkan periode yang sama 2018 sebanyak Rp1,6 triliun.

Menurut Rut, tingginya data uang lusuh yang dimusnahkan menunjukan kesadaran masyarakat menjaga uang rupiah masih sangat rendah, bercermin pada data uang lusuh yang mencaai 45% dari jumlah uang layak edar yang dikeluarkan KPw BI NTT dalam periode tersebut sebanyak Rp4,5 triliun.

Sesuai survei independen yang dilakukan BI, tambah Rut, menunjukkan nilai kualitas uang beredar di daerah itu sebesar 5, atau masih di bawah standar. Nilai standar kualitas yang ditetapkan ialah 7. Hal ini menunjukkan masih rendahnya pemahaman masyarakat tentang cara memperlakukan uang yang baik.

Baca Juga :  Bandara AA Bere Talo Atambua Diresmikan

Realias lain yang ada di masyarakat ialah minimnya pengunaan uang logam dalam transaksi ekonomi, atau adanya penolakan dari beberapa pedagang menerima pembayaran dengan uang logam. Alasannya uang logam tertentu tidak berlaku lagi.

Kegiatan NTT Padar tersebut untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai cara memperlakukan uang dengan baik serta kepedulian masyarakat untuk mengunakan uang layak edar dalam bertransaksi serta pengunaan uang logam dalam transaksi ekonomi. (mi)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda