Home / Humaniora / BI NTT akan Layani Penukaran Uang di Car Free Day

BI NTT akan Layani Penukaran Uang di Car Free Day

Penukaran Uang di Pasar Kasih, Naikoten Kupang Tahun 2015/Foto: Gamaliel
Penukaran Uang di Pasar Kasih, Naikoten Kupang Tahun 2015/Foto: Gamaliel

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Bank Indonesia (BI) Perwakilan NTT akan melayani penukaran uang di berbagai lokasi selama bulan puasa.

Di antaranya penukaran uang di luar jam kerja seperti di lokasi Car Free Day Jalan El Tari Kupang setiap Sabtu mulai pukul 06.00-09.00 Wita, dan di depan Lippo Plaza setelah pukul 09.00 pagi. Kegiatan penukaran uang dibuka 11 Juni-24 Juli 2016.

Kepala BI Perwakilan NTT Naek Tigor Sinaga mengatakan penukaran uang hanya berlaku uang rusak. Menurutnya selama satu tahun terakhir, BI tidak lagi melayani penukaran uang pecahan kecil langsung oleh masyarakat, sebaliknya penukaran uang telah dilakukan bank pemerintah.

Hanya saja karena uang tersebut dikeluarkan BI, loket penukaran uang masih dibuka di Kantor BI dua kali dalam satu minggu dan hanya berlaku untuk uang rusak. “Praktisnya bank-bank sentral tidak melayani transaksi dengan masyarakat tetapi dengan perbankan,” kata Tigor dalam jumpa pers di Kupang, Kamis.

Baca Juga :  Sumba dan Flores Diguncang 4 Kali Gempa Selama Sabtu-Minggu

Kas Keliling

Selain itu BI juga membuka kas keliling mulai 6 Juli-1 Juli 2016 setiap hari kerja, pukul 09.00-12.00 Wita. Kas keliling dimulai dari Pasar Kasih, Naikoten kemudian hari berikutnya pindah ke pasar Oeba, selanjutnya pasar Penfui, Oesapa, dan Oebobo.

Untuk kas keliling ini, BI menyiapkan dana sebesar Rp350 juta pecahan Rp10.000-Rp20.000

Selanjutnya kas keliling juga dibuka di sejumlah kota mulai dari Lewoleba 6-9 Juni, Larantuka 7-10 Juni, Ende dan Borong 13-16 Juni, Soe dan Niki-Niki 15-17 Juni, dan Labuan Bajo 27-30 Juni.

Untuk penukaran uang di kota-kota tersebut, BI menyiapkan dana sebesar Rp2 miliar. “BI juga kerjsama dengan beberapa bank membuka kas titipan di Waingapu bersama BRI, serta Atambua dan Maumere bersama Bank NTT,” ujarnya. (rr)

Baca Juga :  Warga TTU Blokade Tambang Elgary Resources Indonesia

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda