Home / Sains-Tekno / Besok Gerhana Matahari Dilihat dari Kupang Pukul 07.28

Besok Gerhana Matahari Dilihat dari Kupang Pukul 07.28

Gerhana Matahari Total/Foto dari Liputan6.com
Gerhana Matahari Total/Foto dari Liputan6.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Gerhana matahari adalah peristiwa ketika cahaya terhalanginya cahaya matahari oleh bulan sehingga tidak semuanya sampai ke bumi.

Peristiwa ini akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan. Peristiwa langka ini terjadi pada saat fase bulan baru dan dapat diprediksi.

Sesuai laporan BMKG, Selasa (8/3) malam, gerhana matahari total (GMT) yang terjadi Rabu, 9 Maret 2016, baru akan muncul lagi pada 20 Maret 2034.

Sedangkan GMT yang terjadi besok, pernah terjadi pada 26 Februari 1998. Adapun gerhana matahari yang melintasi wilayah NTT pada 9 Maret 2016 dapat dilihat di seluruh wilayah NTT dengan kemunculan antara 70-80%. “Gerhana matahari dapat dilihat di NTT antara 70-80 persen,” kata Kepala BMKG Andi Eka Sakya kepada lintasntt.com.

Baca Juga :  Pesawat Schiaparelli Diduga Meledak Saat Mendarat di Mars

Ia mengatakan gerhana matahari di Kota Kupang akan muncul pada pukul 08.37 Wita dan mencapai puncaknya pada 09.55 Wita. Durasi gempa selama 2 jam 27 menit. BMKG melarang warga melihat gerhana tanpa kacamata khusus gerhana guna menghindari terjadi kerusakan pada retina mata. (gma)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda