Home / Humaniora / Benarkah Makan Wortel Bisa Perbaiki Penglihatan?

Benarkah Makan Wortel Bisa Perbaiki Penglihatan?

Ilustrasi Jus Wortel
Ilustrasi Jus Wortel

Bagikan Halaman ini

Share Button

Jakarta– Mitos bahwa makan wortel bisa memerbaiki penglihatan, sama seperti mitos baik lainnya, sebenarnya mengandung kebenaran. Entah sedikit atau banyak.

Ya, wortel memang sarat akan beta-karoten, yang diubah oleh tubuh Anda menjadi vitamin A. Vitamin A adalah molekul yang membantu fungsi dasar mata.

Misalnya Anda dari tempat terang lalu masuk dalam ruangan yang gelap. Setelah beberapa menit, mata Anda bisa menyesuaikan diri. Itu karena vitamin A.

Di bagian belakang mata Anda terdapat reseptor yang membutuhkan molekul larut lemak (vitamin A adalah vitamin larit lemak) untuk membantu Anda melihat dalam cahaya rendah. Beberapa jenis sayuran lainnya melakukan hal yang sama untuk Anda.

Di negara-negara di mana orang-orangnya sangat kekurangan vitamin A, dilakukan suplementasi vitamin ini hingga ke pelosok-pelosok untuk mencegah meningkatnya kasus penglihatan terutama pada anak-anak, kata Keith West, profesor di departemen kesehatan masyarakat Johns Hopkins Bloomberg. West mengkhususkan diri memelajari peran vitamin A dalam tubuh.

Baca Juga :  4 Pekerja Terseret Banjir di Raknamo, 2 Tewas

Di Amerika Serikat dan negara-negara maju lainnya, rata-rata orang harus berhenti makan setiap vitamin A untuk beberapa bulan sebelum mereka bisa kekurangan vitamin ini, kata West lagi.

Vitamin A disimpan di dalam hati, dan dikelaurkan sedikit demi sedikit sesuai kebutuhan tubuh.

Perlu diketahui, vitamin A tidak bisa memerbaiki kerusakan penglihatan yang didapat dari lahir. Tubuh hanya bisa mengubah sejumlah beta-karoten dalam satu waktu.

Ketika Anda makan wortel terlalu banyak, sisa beta-karoten yang tidak terkonversi akan disimpan di jaringan lemak di bawah kulit. Inilah yang menyebabkan kulit bisa berwarna semu oranye.

Terlalu banyak vitamin dapat menyebabkan rambut rontok. Bahkan, lebih buruk lagi bisa merusak liver atau hati Anda.

Baca Juga :  PLN NTT Tuan Rumah Peserta SMN Asal Maluku

Menurut The Food and Nutrition Board of the Institute of Medicine, kebutuhan vitamin A harian untuk orang dewasa adalah: pria usia 14 tahun ke atas membutuhkan sekitar 900 mcg vitamin A setiap harinya, dan wanita usia 14 tahun ke atas membutuhkan sekitar 700 mcg vitamin A setiap harinya.(kompas/fox)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda