Home / Daerah / Belum Ada Temuan Desa Fiktif Penerima Dana Desa di NTT

Belum Ada Temuan Desa Fiktif Penerima Dana Desa di NTT

Ilustrasi Desa di Langkat
Ilustrasi Desa di Langkat

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) belum menemukan desa fiktif di daerah itu yang menerima kucuran dana desa.

Di antaranya di Kabupaten Manggarai, tercatat 145 desa menerima dana desa. “Memang sekitar 20 desa pemekaran, tetapi saat ini belum menerima dana desa,” kata Joni, pendamping desa di Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai saat dihubungi lewat telepon, Kamis (7/11) petang.

Joni bertugas mendampingi sekitar 12 desa di kecamatan tersebut. Dari 12 desa ini saat ini bertambah empat menjadi 16 desa. “Tetapi empat desa tambahan itu belum definitif, otomatis belum menerima dana desa,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) Jerry Manafe mengatakan persoalan yang terjadi di kabupaten itu ialah baru 31 desa menyampaikan laporan pertanggungjawaban dana desa tahap I dan tahap II.

Baca Juga :  Gagal Raih Suara Terbanyak, Caleg Tutup Jalan di Negekeo

Sisanya 129 desa belum menyampaikan laporan pertanggungjawaban dana desa, yang berdampak belum cairnya dana desa tahap III.

“Jika 129 desa itu masih membangkang, dana tahap ketiga ditahan saja. Dana desanya tidak dapat dicairkan,” ujarnya di Kupang, Kamis (7/11).

Menurut Jerry, pemerintah daerah telah memerintahkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) untuk menahan dana desa tahap IIi bagi 129 desa tersebut. Desa-desa itu tersebar hampir di seluruh kecamatan. (sumber: mi dan antarakupang)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda