Home / Sport / Belanda Rekrut 3 Pemain Akademi Sepak Bola Bintang Timur Atambua

Belanda Rekrut 3 Pemain Akademi Sepak Bola Bintang Timur Atambua

SSB Bintang Timur--Pemain U-15 bersama pelatih dan pendiri Sekolah Sepak Bola (SSB) Bintang Timur di Sekolah Lapang Nekamese, Selasa (7/11). Foto: Lintasntt.com
SSB Bintang Timur--Pemain U-15 bersama pelatih dan pendiri Sekolah Sepak Bola (SSB) Bintang Timur di Sekolah Lapang Nekamese, Selasa (7/11). Foto: Lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Pelatihan Sepak Bola Pemuda Zeeland (Jeugd Voetbal Opleiding Zeeland/JVOZ) Belanda merekrut tiga pemain U-16 dari Akademi Sepak Bola Bintang Timur Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk berlatih di negara itu. Mereka dijadwalkan bertolak ke Belanda pada akhir Maret 2019.

Pendiri Akademi Sepak Bola Bintang Timur Fary Djemy Francis mengatakan tiga anak muda tersebut diseleksi dari lima orang yang direkomondasikan kepada JVOZ. Pusat pelatihan sepak bola bagi anak muda berbakat itu telah menjalin kerjasama dengan Akademi Sepak Bola Bintang Timur, terutama mendidik anak muda menjadi pemain sepak bola berprestasi.

“Mereka akan mengikuti pelatihan antara satu sampai satu setengah bulan di Belanda. Di sana mereka dipandu kepala pelatih Akademi Sepak Bola Bintang Timur,” kata Fary kepada wartawan di Kupang, Minggu (24/2).

Baca Juga :  Dari Tour de Flores ke Tour de Nusantara

Saat ini kepala pelatih Akademi Sepak Bola Bintang Timur adalah Berth Pentury yang juga mantan pemain Timnas Belanda.

Sedangkan di Belanda, pelatihan ini dimonitor oleh coach Simon Melkianus Tahamata, eks pemain sepak bola Belanda keturunan Maluku. Dia pernah bermain untuk klub Belanda dan Belgia di era 80-an.

Akademi Sepak Bola Bintang Timur terletak di Desa Labuna, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu ini diresmikan Menpora Imam Nahrawi pada 2016. Akademi ini lahir dari kepedulian terhadap perkembangan dan raihan prestasi sepak bola di wilayah yang berbatasan dengan Timor Leste tersebut.

Menurut Berty, ada empat kriteria dasar yang harus dimiliki seorang pemain yakni kemampuan dasar, kemampuan dalam kerja tim termasuk kemampuan berkomunikasi dengan pemain lain, kecepatan pemain tanpa bola maupun dengan bola, fisik (postur tubuh) pemain. “Kalau pemain sudah memenuhi kriteria tersebut, peluang lolos semakin besar, dan akan menjadi pemain besar seperti bintang Timnas Belanda,” ujarnya. (mi)

Baca Juga :  SSB Bintang Timur Wakili NTT di Turnamen ASSBI

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda