Home / Humaniora / Bayi dengan Dua Kepala Lahir di Cilacap

Bayi dengan Dua Kepala Lahir di Cilacap

165020

Bagikan Halaman ini

Share Button

CILACAP—LINTASNTT.COM: Bayi dengan dua kepala lahir di Rumah Sakit Bersalin (RSB) Duta Mulya, Majenang, Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (26/6) sekitar jam 21.30 WIB.

Bayi berjenis kelamin laki-laki itu lahir dengan kondisi sehat melalui operasi caesar.

Direktur RSB Duta Mulya Tatang Mulyana mengungkapkan bayi itu merupakan anak kedua dari pasangan Munjiah, 27, dan Usman, 36, warga Purwosari. Ia menambahkan panjang tubuh sang bayi mencapai 46 centimeter (cm) dan berat badan 4,2 kilogram (kg).

“Bayi lahir dalam kondisi sehat. Namun, mengalami kelainan yang disebut dicephalus parapagus on joined twins. Yaitu yang kembar mulai dari leher hingga kepala,” ujar Tatang.

Menurutnya, kondisi bayi itu bukanlah kembar siam karena hanya memiliki organ dalam termasuk kerongkongan, tangan dan kaki sepasang. Kelainan ini terjadi diduga akibat faktor mutasi genetis. Itu terjadi waktu janin berusia dua pekan di mana proses pembelahan berlangsung ada faktor eksternal yang memengaruhi.

Baca Juga :  Puting Beliung Rusak 123 Rumah di Kupang

“Misalnya saja, ibu mengonsumsi obat sehingga memengaruhi proses pembelahan,” jelasnya.

Dikatakannya, peristiwa tersebut merupakan kejadian langka. Perbandingannya satu per 200 ribu kelahiran. “Kalau berdasarkan data yang saya tahu, bayi berkepala dua tersebut merupakan yang ketiga sejak tahun 2009 di Indonesia. Sebab, pernah ada dua kali yakni pada 2009 dan 2012 silam,” tambahnya.

Tetapi data yang diperoleh Media Indonesia menyebutkan tahun 2013 ini pernah ada kasus yang sama di Aceh.

Tatang menyatakan pihaknya bakal merujuk ke ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Sardjito Yogyakarta. Nantinya bakal diusahakan mendapat pelayanan jaminan persalinan (jampersal). (Sumber: naskah dan brita metrotvnews.com)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda