Home / Politik / Bawaslu NTT Minta Pengiriman Surat Suara Pengganti Dipercepat

Bawaslu NTT Minta Pengiriman Surat Suara Pengganti Dipercepat

Yemris Fointuna/Foto: Imanuel L
Yemris Fointuna/Foto: Imanuel L

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Komisioner Bawaslu NTT Yemris Fointuna minta KPU mempercepat pergantian terhadap surat suara yang rusak di 22 KPU kabupaten dan kota yang jumlahnya hampir mencapai satu juta lembar.

Jika pengiriman surat suara pengganti terlambat, distribusi surat suara dari KPU ke daerah-daerah terpencil dikhawatirkan terganggu.

“Surat suara pengganti sudah harus tiba di KPU kabupaten dan kota paling lambat awal April karena proses sortir dan pelipatan butuh waktu,” kata Yemris Fointuna kepada wartawan di Kupang, Jumat (29/3).

Permintaan Bawaslu tersebut lantaran kerusakan surat suara di setiap KPU kabupaten dan kota sesuai hasil sortir, mencapai puluhan hingga ratusan ribu lembar. Dampak yang terjadi ialah KPU direpotkan dengan kegiatan sortir dan pelipatan, sedangkan penyelenggaraan pemilu semakin dekat.

Baca Juga :  Gubernur NTT Kirim Utusan ke Sumba Barat Daya

Menurut Yemris, KPU juga harus memastikan surat suara pengganti tersebut dalam kondisi baik. Jika masih ditemukan surat suara rusak saat sortir, akan menganggu proses distribusi.

Di sisi lain, saat ini hujan masih turun di NTT dan beberapa wilayah yang sebelumnya dilanda bencana tanah longsor, kondisi jalan berlumpur. “KPU harus memastikan jumlah surat suara pengganti itu cukup, tidak dilakukan pergantian lagi karena masih ditemukan rusak,” ujarnya.

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda