Home / Humaniora / Bas Wie ‘The Kupang Kid’ Telah Berpulang

Bas Wie ‘The Kupang Kid’ Telah Berpulang

Bas Wie saat rekontruksi pengalamannya (kiri), dan  Bersama istrinya seorang perempuan Inggris Margareth pada ulang tahun pernikahan mreka ke 50./Foto: Dari Laman Facebook Peter Rohi
Bas Wie saat rekontruksi pengalamannya (kiri), dan Bersama istrinya seorang perempuan Inggris Margareth pada ulang tahun pernikahan mreka ke 50./Foto: Dari Laman Facebook Peter Rohi

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Masih ingat Bas Wie? Di Indonesia ia kurang dikenal. Tapi pada tahun 1946 hampir semua koran di dunia memberitakan pria asal Pulau Sabu, Nusa Tenggara Timur ini.

Berita tentang Bas Wie ditempatkan di halaman depan koran-koran tersebut. Pasanya Dia mnggandol pesawat sekutu (RAAF – Royal Australian Air Force) dari Kupang menuju Australia.

Sebagai orang pertama yang gandol pesawat melintasi samudera, Dia dikenal sebagai anak yang kuat yang dikenal dengan sebutan The Kupang Kid.

Berkali-kali mau dideportasi kembali, tapi warga Darwin memprotes wali kota agar Bas disahkan menjadi warga kota. Karena Dia telah bersusah payah mencari dunia baru untuk kehidupannya.

Majalah Time menerbitkan kisahnya dalam pada sebuah edisi kusus, begitu juga TV 6 Australia memasukkannya dalam progrma khusus bagi orang yang memiliki pengalaman unik dalam program “This is Your Life”.

Baca Juga :  Hati-Hati, 30 Jenis Kosmetik Kandung Bahan Berbahaya

Kini, Bas Wie telah tiada. Ia meninggal pada 11 Oktober 2016 setelah jatuh di tempat perawatan terakhirnya di Panti Jompo di Darwin.

Menurut Jurnalis Senior Peter Rohi, di masa kecilnya, Dia anak pemberani dan nekat. Karena itu pula ia sampai ke Australia menemukan kehidupan barunya di sana. Kami warga sekampung tetap akan mengenang Om Bas sampai kapan pun sebagai orang Sabu yang pernah menggemparkan dunia. (*)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda