Home / Nasional / Bandara El Tari Perketat Pemeriksaan Laptop

Bandara El Tari Perketat Pemeriksaan Laptop

Pemeriksaan Laptop di Bandara El Tari Kupang
Pemeriksaan Laptop di Bandara El Tari Kupang

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang—PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur, Rabu (5/4) mulai memperketat prosedur pemeriksaan barang elektronik milik penumpang pesawat udara seperti laptop dan radio.

Pemeriksaan barang elektronik tersebut dipantau langsung General Manager PT Angkasa Pura I Bandara El Tari Wahyudi dan sejumlah staf. Setiap penumpang yang membawa laptop diminta mengeluarkannya dari dalam tas kemudian dimasukan ke mesin X-Ray bersama barang-barang lainnya.

Apabila barang elektronik yang diperiksa melalui X-Ray mencurigakan, akan dilakukan pemeriksaan secara manual guna mengetahui isi laptop tersebut.

“Melalui x-ray akan diketahui isi laptop. Jika mencurigakan, petugas akan minta laptop dinyalakan,” kata Wahyudi kepada wartawan.

Namun dari puluhan laptop penumpang yang diperiksa, tidak ditemukan indikasi mencurigakan yang membahayakan keselamatan penerbangan.

Baca Juga :  Basarnas Ganti Nama jadi BNPP

Wahyudi mengatakan Bandara El Tari merupakan satu dari 13 bandara yang memperketat pemeriksaan barang elektronik. “Jangan sampai kita tertipu dengan casing laptop, tetapi isinya malah membahayakan,” ujarnya.

Dia mengatakan setiap penumpang wajib mengeluarkan barang elektroniknya dari dalam tas untuk diperiksa petugas. Hal itu sesuai Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SKEP/2765/XII/2010 tentang Tata Cara Pemeriksaan Keamanan Penumpang, Personel Pesawat Udara, dan Barang Bawaan Yang Diangkut Dengan Pesawat Udara dan Orang Perseorangan, serta Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Udara nomor SE 6 Tahun 2016 Tentang Prosedur Pemeriksaan Bagasi dan Barang Bawaan Yang Berupa Perangkat Elektronik Yang Diangkut Dengan Pesawat Udara.

“Jika laptop itu hanya untuk kerja, saat ditekan tombol on langsung menyala, jika laptopnya palsu, ditekan pun tidak akan menyala,” ujarnya. (sumber: MI)

Baca Juga :  Status Gunung Iya di Ende Waspada

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda