Home / Daerah / Bandara El Tari Gelar Simulasi Kecelakaan Pesawat di Malam Hari

Bandara El Tari Gelar Simulasi Kecelakaan Pesawat di Malam Hari

Foto:  lintasntt.com
Foto: lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–PT Angkasa Pura Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur menggelar simulasi penanganan kecelakaan pesawat (aircraft accident exercise) di malam hari, Rabu (14/11) sekitar pukul 20.00 Wita.

Dalam latihan tersebut, sebuah pesawat Fokker 100 Sasando Air PK-KOE dengan flight number SA100 terhempas di sekitar landasan pacu saat melakukan pendaratan.

Pesawat yang mengangkut 102 orang penumpang dan lima kru ini akhirnya terbakar menimbulkan kobaran api yang membuat suasana malam itu semakin mencekam.

Akibat kejadian tersebut dilaporkan enam penumpang meninggal, 15 luka berat, 20 luka sedang, dan 21 lainnya luka ringan.

Seluruh korban ditangani sesuai dengan prosedur penanganan korban saat kejadian darurat. Selain itu juga digelar latihan untuk menguji kesigapan Aviation Security, latihan simulasi penanggulangan kebakaran gedung (building fire exercise).

Baca Juga :  Rayakan HUT ke-2, Beta NTT Gelar Seminar Pariwisata

Direktur Operasi PT Angkasa Pura I Wendo Asrul Rose mengatakan latihan tersebut merupakan bagian dari skenario latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) ke-100 PT Angkasa Pura I (Persero) yang digelar di Bandara El Tari Kupang.

“Kita ingin tahu kesiapan seluruh perangkat yang ada di bandara dan stakeholder khususnya di malam hari. Kita ingin tahu di mana titik-titik kelemahan dalam latihan ini yang harus diperbaiki,” ujarnya kepada wartawan.

Latihan ini melibatkan sedikitnya 600 personel yang terdiri dari Airport Emergency Committee dan Airport Security Committee dari PT Angkasa Pura I (Persero), TNI dan Polri, Perum LPPNPI, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Pemadam Kebakaran Kota Kupang, serta beberapa rumah sakit dan puskesmas di sekitar Bandara El Tari Kupang. (gma/mi)

Baca Juga :  481 Desa Tertinggal di NTT Naik Status jadi Desa Berkembang

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda