Home / Travel / Ayo Nonton Atraksi Ikan Duyung di Alor

Ayo Nonton Atraksi Ikan Duyung di Alor

Ilustrasi : Ikan Duyung/foto dari Ew
Ilustrasi : Ikan Duyung/foto dari Ew

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Kepulauan Alor di Nusa Tenggara Timur selalu menjadi salah satu destinasi wisata yang seakan tak habis-habisnya diexplore.

Terutama wisata bahari dan budaya. Panorama alam bawah laut Alor menjadi salah satu yang terindah di dunia. Baru-baru ini muncul destinasi wisata baru yakni atraksi ikan duyung.

Lokasi wisata ini terletak di Kecamatan Kabola, tepatnya di perairan antara pulau Alor dan Sikka.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata NTT Eden Klakik mengatakan atraksi ikan duyung baru dimulai pada Januari 2017. “Ada juga ikan pari dan lumba-lumba,” kata Eden kepada wartawan Kupang beberapa waktu lalu.

Menurutnya, tiga jenis ikan ini bergantian melakukan atraksi tergantung dari permintaan pengunjung. Caranya pengunjung minta kepada sang pawang bernama One Duka. Ikan duyung misalnya melakukan atraksi dengan berenang mendekat ke pengunjung sambil mengibaskan sirip dan ekornya. Terakhir, ikan duyung akan menaikan kepala ke perahu. “Dia (ikan duyung) akan menaikan kepalanya di perahu sampai disuruh oleh pawang kembali ke dalam air,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemberitaan Parade Kuda Lebih Booming dari Tour de Flores

Eden mengatakan wisata ikan duyung ini baru di Nusa Tenggara Timur, namun mulai diminati wisatawan, termasuk wisatawan asing. Dia berharap wisata ini dikelola secara baik oleh pemerintah sehingga mendatangkan keuntungan bagi daerah.

Selain itu, keselamatan wisatawan juga harus diberikan prioritas yakni menggunakan perahu wisata lengkap dengan peralatan keselamatan. Pasalnya warga yang akan menonton atraksi ikan duyung, pari dan lumba-lumba menggunakan perahu motor. (gma)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda