Home / Travel / Ayo Berwisata ke Kupang

Ayo Berwisata ke Kupang

Ilustrasi: Lokasi Wisata Pantai Lasiana. Di Lokasi ini banyak ditumbuhi Pohon Lontar/Foto: Gamaliel
Ilustrasi: Lokasi Wisata Pantai Lasiana. Di Lokasi ini banyak ditumbuhi Pohon Lontar/Foto: Gamaliel

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang—Potensi wisata Kupang, Nusa Tenggara Timur memang belum digarap maksimal. Namun di daerah ini terdapat beragam wisata alam dan budaya yang memukau.

Kerajinan tradisional mulai dari sasandu, ukiran bambu, batu, tulang dan jas berbahan kain tenun tradisional. Jika berkesempatan ke Kupang, mampirlah ke pantai wisata Lasiana. Keindahan sederhana pantai berpasir putih ini terletak menawarkan lanskap panorama Teluk Kupang yang sayang dilewatkan.

Obyek wisata lainnya seperti Air Terjun Oenesu memiliki empat tingkatan berjarak sekitar 12 kilometer di selatan Kupang, dan Air Terjun Tesbatan berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota.

Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati hutan yang masih asli yang didominasi pohon sagu, atau wisata Hutan dan Gua Baumata. hanya 10 kilometer di bagian timur Kupang.

Pengunjung dapat menikmati hutan yang sangat lebat dan gua peninggalan Jepang. Di dalam gua ini terdapat sungai bawah tanah yang mengalir sepanjang tahun.

Pantai Wisata Lasiana/Foto: Gamaliel

Pantai Wisata Lasiana/Foto: Gamaliel

Wisata Pantai Tablolong di ujung selatan Pulau Timor, jaraknya 30 kilometer dari Pusat Kota. Di sini, ada pelabuhan ikan rakyat.

Baca Juga :  Bupati Sikka Lepas Etape Kedua Tour de Flores

Pengunjung bisa menyewa sampan milik nelayan untuk memancing. Tablolong juga terkenal karena di lokasi ini pernah digelar even memancing internasional.

Di Desa Oebelo, yang berjarak 20 kilometer dari pusat Kota, terdapat pengrajin musik Sasando berbagai ukuran. Pengunjung bisa mendapatkannya dengan harga murah, ketimbang berbelanja ke toko kerajinan.

Datang ke Kupang jangan sampai melewatkan makanan khas kota ini yaitu Ikan Bakar Rica-Rica.

Disajikan hampir di seluruh restoran. Sambal ikan bakar rica-rica harus dimakan karena kenikmatan makanan ini ada di sambalnya.

Atau makan se’i sapi, dan se’i babi yaitu daging yang dibubuhi bumbu kemudian diasapkan. Se’i sapi maupun se’i babi digoreng sebelum dihidangkan. Lumuri dengan air jeruk kemudian panaskan. Daging ini cocok untuk oleh-oleh. Jika ingin makan dalam nuansa berbeda, bisa menikmati di sejumlah restoran yang ada di pesisir pantai.

Tarian/Foto: Gamaliel

Tarian/Foto: Gamaliel

Kupang adalah kota pantai. Karena itu, suhu udara rata-rata mencapai 27 derajat celcius. Meski begitu banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai mancanegara terutama dari Australia.

Baca Juga :  40 Wisatawan Australia Tiba Kupang dengan Pesawat Carter

Karena itu, hotel dan penginapan menjamur di mana-mana. Apalagi Kupang, kota di selatan Indonesia ini kini menjadi tujuan investasi.

Hotel berbintang sampai kelas melati, termasuk pusat pembelanjaan moderen dan rumah sakit. Semua penginapan terpusat di kota. Di tiap hotel, tersedia taksi yang siap mengantar tamu berkeliling ke lokasi wisata. (canra liza dewi purba)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda