Home / Daerah / Atasi Krisis Air, Alex Foenay Usul Bangun Waduk di Petuk

Atasi Krisis Air, Alex Foenay Usul Bangun Waduk di Petuk

Alex Foenay
Alex Foenay

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Anggota DPRD Nusa Tenggara Timur (NTT) Alex Foenay minta pemerintah daerah membangun waduk yang akan menampung air untuk kebutuhan warga maupun irigasi pertanian.

Krisis air selalu melanda Kota Kupang pada setiap kemarau. Krisis air dipicu menurunnya debit sumber-sumber air yang dikelola perusahaan daerah air minum (PDAM) akibat kemarau sehingga menganggu pasokan air ke masyarakat.

Saat ini PDAM Kota Kupang sudah menghentikan pasokan air bagi 4.000 dari 12.000 pelangan di kota itu. Penghentian pasokan air tidak perlu dilakukan jika PDAM memiliki sumber-sumber air yang tidak pernah kering di musim kemarau, terutama pasokan air dari Waduk Tilong di Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang.

Baca Juga :  Kapal Fery di Kupang Tidak Berlayar Kecuali Rote dan Alor

Menurutnya, ada sumber-sumber air yang tidak pernah kering di wilayah Kota Kupang, namun belum dimanfaatkan. ” Di Kota Kupang ada gua-gua air, saluran di bawah tanah yang airnya terus mengalir, tetapi air harus dinaikkan ke atas,” kata Alex Foenay kepada wartawan, Selasa (10/9) malam.

Untuk waduk, dia mengatakan waduk dapat dibangun di sungai Petuk. Lokasi ini berdekatan dengan lokasi rencanan pembangunan waduk Kolhua yang kemudian ditolak warga.

Menurutnya, pemerintah harus menyediakan banyak sumber air termasuk sumur bor untuk mengatasi krisis. Krisis air juga disebabkan tidak bertambahnya sumber-sumber air, dan di sisi lain terjadi peningkatan jumlah penduduk yang menjadikan kebutuhan air bersih bertambah. “Air bersih itu sangat urgen,” katanya. (sumber:mi)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda