Home / Sains-Tekno / Arti Angka di Landasan Pacu Bandara

Arti Angka di Landasan Pacu Bandara

Landasan Pacu Bandara
Landasan Pacu Bandara

Bagikan Halaman ini

Share Button

JIKA bepergian dengan pesawat, tahukah Anda arti dari angka yang terpampang di ujung landasan pacu bandara?

Angka itu ialah penanda arah mata angin dengan hitungan derajat yang disederhanakan menjadi dua digit angka untuk penulisan pada runway.

Derajat 0 dimulai dari arah utara, kemudian memutar searah jarum jam hingga kembali lagi ke arah utara dengan 360 derajat. Jika terdapat landasan pacu yang mengarah ke utara persis, angka yang tertera pada landasan adalah 36.

Jika arah landasan pacu menghadap 278 derajat, maka diberlakukan pembulatan menjadi 280 derajat sebagai angka puluhan terdekat. Angka tersebut kemudian disederhanakan menjadi dua digit, yakni 28, untuk dituliskan pada runway.arah mata angin

Baca Juga :  Zeolit Antarkan Grandprix Kadja Jadi Doktor Termuda di Indonesia

Sedangkan pada ujung landasan yang berlawanan akan tertulis angka 10 sebagai hasil pembulatan dan penyederhanaan arah 98 derajat ke angka 100.

Di bandara yang terhitung sibuk dengan dua atau tiga landasan pacu, kamu akan menemui huruf yang tertulis mendampingi angka pada landasan pacu. Jika terdapat dua landasan pacu, huruf L (left) tertulis pada landasan sisi kiri dan huruf R (right) tertulis pada landasan sisi kanan dilihat dari kokpit pesawat.

Huruf C (center) berlaku pada bandara dengan tiga landasan pacu dan ditempatkan pada landasan bagian tengah. (brilio)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda