Home / Bisnis / Angkasa Pura 1 Perluas Terminal Penumpang Bandara El Tari

Angkasa Pura 1 Perluas Terminal Penumpang Bandara El Tari

Presiden Direktur PT Angkasa Pura I (Persero) Sulistyo Wimbo Harjito (kanan) dan Ketua Komisi V DPR Fary Francis (tengah). Foto: Gamaliel
Presiden Direktur PT Angkasa Pura I (Persero) Sulistyo Wimbo Harjito (kanan) dan Ketua Komisi V DPR Fary Francis (tengah). Foto: Gamaliel

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–PT Angkasa Pura I (Persero) akan memperluas gedung terminal penumpang Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) tahun ini.

Perluasan terminal mendesak seiring meningkatnya pertumbuhan jumlah penumpang di bandara tersebut, memberikan kenyamanan bagi penumpang, dan rencana pembukaan rute penerbangan internasional Jogjakarta-Denpasar-Kupang-Dili (pp). Rute ini akan dilayani Maskapai Penerbangan Sriwijaya Air.

“Dalam satu atau dua bulan lagi maket renovasi Bandara El Tari dibuat. Perluasan bandara merupakan komitmen PT Angkasa Pura I membangun kawasan timur Indonesia sesuai arahan pemerintah,” kata Presiden Direktur PT Angkasa Pura I (Persero) Sulistyo Wimbo Harjito kepada wartawan di Kupang, Sabtu (13/2).

Ia mengatakan perluasan bandara El Tari hanya dilakukan pada terminal. “Yang diperluas itu terminal penumpang karena orang kalau bilang jelek itu terminalnya. Kalau runway sudah cukup,” kata Dia.

Baca Juga :  Fary: Anggaran Rumah MBR Naik Jadi Rp180 Juta per Unit

Sulistyo mengatakan belum ada rencana Bandara El Tari yang terletak di lahan milik TNI Angkatan Udara ini, akan dipindahkan dalam waktu dekat. Pemindahan bandara membutuhkan kajian. “Soal pemindahan bandara kita lihat saja,” kata Dia.

Ia mencontohkan pemindahan Bandara Polonia Medan, Sumatera Utara ke Kualanamu di Kabupaten Dili Serdang, bukan terkait persoalan lahan, melainkan akses ke bandara Polonia terbatas. “Kita belajar dari pemindahan Bandara Kualanamu,” ujarnya.

Dukungan Komisi V DPR

Ketua Komisi V DPR Fary Francis mengatakan pihaknya terus mendorong PT Angkasa Pura I mengembangkan terminal penumpang Bandara El Tari sehingga menyamai terminal bandara lainnya di Tanah Air.

Sebagai pintu masuk ke ibu kota Provinsi NTT, bandara El Tari harus dibangun lebih bagus. Saat ini, Bandara El Tari masih kalah jika dibanding terminal Bandara Komodo di Kabupaten Manggarai Barat. “Masa, terminal bandara di kabupaten lebih bagus dari terminal bandara di ibu kota provinsi, kata Fary.

Baca Juga :  Bandara El Tari Jadi Kawasan Nontunai

Ia mengaku telah berkoodinasi bersama Presiden Direktur PT Angkasa Pura I dan Gubernur NTT Frans Lebu Raya agar bandara El Tari dibangun lebih baik dari kondisi saat ini. Terkait pemindahan bandara, ia mengatakan akan dilakukan evaluasi untuk menentukan apakah Bandara El Tari saatnya dipindahkan.

“Kita mendorong agar bandara ini ditingkatkan, dan akan ada evaluasi tertentu apakah sudah dibutuhkan untuk membangun bandara baru,”

Fary mengatakan, pengembangan bandara El Tari di antaranya termasuk pembangunan garbarata, yaitu jembatan berdinding dan beratap yang menghubungkan ruang tunggu penumpang ke pintu pesawat.  (gma/rr)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda