Home / Daerah / Anggaran Disetujui Komisi V DPR RI, 4 Terminal Tipe A di NTT Dibangun

Anggaran Disetujui Komisi V DPR RI, 4 Terminal Tipe A di NTT Dibangun

Maket Terminal TIpe A Bimoko, Kota Kupang. Foto: Lintasntt.com
Maket Terminal TIpe A Bimoko, Kota Kupang. Foto: Lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Sebanyak empat terminal tipe A saat ini dalam proses pembangunan di empat lokasi berbeda di Nusa Tenggara Timur (NTT). Anggaran pembangunan terminal tersebut sudah disetujui Komisi V DPR RI.

Sebelumnya Ketua Komisi V DPR RI Fary Francis menyebutkan empat terminal tipe A yang dibangun di NTT bagian dari pembangunan 41 terminal tipe A di seluruh Indonesia selama lima tahun.

“Pembangunan empat terminal itu untuk mendukung kelancaran arus barang dan manusia di NTT terutama di wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste sekaligus mendukung pereknomian di wilayah itu,” kata Fary kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Empat terminal yang dibangun di NTT itu ialah Terminal Bimoku di Kota Kupang, Terminal Motaain dan Motamasin di perbatasn Kabupaten Belu dan Timor Leste, serta Terminal Wini di Perbatasan Timor Tengah Utara dengan Distrik Oekusi, Timor Leste.

Baca Juga :  Masuk ke Pulau Komodo akan Dikenai Tarif US$500 per Orang

‘Untuk NTT ada empat proyek dari perhubungan darat, tiga terminal di perbatasan dan terminal tipe A di Kota Kupang,” kata Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Ahmad Yani.

Menurut Ahmad Yani, terminal Bimoku di Kota Kupang dibangun bertahap atau multiyears sejak 2018 dengan anggaran Rp10 miliar, sedangkan pembangunan tahap berikutnya menelan anggaran Rp50 miliar. Terminal ini dijadwalkan rampung pada 2020. Selanjutnya tiga terminal yang dibangun di perbatasan RI-Timor Leste juga dijdwalkan rampung pada 2020.

Terminal Motaain dibangun dengan anggaran Rp15 miliar, terminal Wini Rp15 miliar, dan terminal Motamasin Rp7,5 miliar. (mi/gma)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda