Home / Nasional / Ahli Petir ITB Atasi Gangguan Listrik di NTT

Ahli Petir ITB Atasi Gangguan Listrik di NTT

Ilustrasi: Petir
Ilustrasi: Petir

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–PT PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) akan mendatangkan ahli petir Institut Teknologi Bandung (ITB) Joko Darwanto untuk membantu mengatasi gangguan listrik di daerah itu akibat petir.

“Gangguan listrik di NTT banyak disebabkan oleh petir sehingga menimbulkan pemadaman,” kata General Manager PT PLN NTT Richard Safkaur kepada wartawan di Kupang, Senin (19/12).

Menurut Richard, pihaknya sudah berkoordinasi bersama Joko sehingga mulai 2017 akan bekerja sama dengan PLN untuk mengatasi persoalan tersebut.

Joko Darwanto ialah satu-satunya ahli petir di Indonesia, dan selama ini keahliannya dipakai PLN untuk mengatasi gangguan listrik akibat petir di Pulau Jawa.

“Di daerah Jawa sudah jalan, dan mau terjadi berapa kali petir pun listrik tetap aman,” katanya.

Baca Juga :  Pulau Punggu di Manggarai Barat Dijual Seharga Rp134,2 Milliar

Menurutnya potensi petir di Pulau Timor cukup besar karena daerah ini memiliki musim panas sampai delapan bulan, ketika mendadak terjadi hujan maka langsung menimbulkan petir.

Pihak PLN, katanya, sudah membaca situasi tersebut dan sebelumnya sudah dilakukan simulasi sistem perlindungan dan analisa agar gangguan petir yang tidak bisa dihindari tersebut tidak berdampak pada pembangkit.

“Ada beberapa kejadian baru-baru ini yang mengakibatkan listrik padam tetapi di jaringan saja karena proteksi kami bekerja, pembangkit tetap beroperasi lalu perlahan dinormalkan kembali,” katanya. (Sumber: mi/palce amalo)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda