Home / Daerah / Adi Prasetyo Tekuni Jualan Bakso Hingga jadi Mahasiswa Ikatan Dinas PLN

Adi Prasetyo Tekuni Jualan Bakso Hingga jadi Mahasiswa Ikatan Dinas PLN

Adi Prasetyo/Foto: PT PLN IUW NTT
Adi Prasetyo/Foto: PT PLN IUW NTT

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Masuk Perguruan Tinggi favorit merupakan impian semua pelajar yang baru menyelesaikan pendidikan di bangku SMA.

Hal itu tentu juga dirasakan oleh Adi Prasetyo, salah satu pemuda di Kota Kupang. Setelah lulus SMA, berulang kali dia mendaftarkan diri pada beberapa Perguruan Tinggi di Pulau Jawa. Sayangnya, Dewi Fortuna belum berpihak pada dirinya.

Mulai dari Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Universitas Sebelas Maret, hingga Universitas Negeri Yogyakarta belum mampu ia masuki.

Perasaan sedih dan gagal tidak membuat dia berhenti berjuang, Adi mengisi waktu kosongnya dengan berjualan produk sabun muka, juga membuka online shop yang menjual pakaian anak muda.

Menurut Adi, awal merintis bisnis kecilnya itu tidaklah mudah, banyak kesulitan yang dia harus hadapi, salah satunya adalah produk jualannya yang sering kali tidak diminati orang-orang. Sekali lagi, dia tidak menyerah begitu saja.

Dia belajar manajemen bisnis lewat seminar-seminar dan pelatihan yang diadakan di Kota Solo, Jawa Tengah.

Memasuki tahun ajaran baru, Adi kembali ke Kota Kupang dengan tujuan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi di Kupang. Sembari menunggu informasi pendaftaran, Adi membantu sang ibu berjualan bakso keliling di beberapa titik di Kota Kupang.

Baca Juga :  50 Pekerja Gereja Belajar Bertani di Sekolah Lapangan Nekamese

Sehari-harinya, sambil mejajakan bakso, Adi sering menemukan barang-barang elektronik yang telah dibuang oleh pemiliknya karena rusak, Adi kemudian membawa pulang dan memperbaiki barang-barang tersebut berbekal sedikit ilmu kelistrikan yang ia punya.

Kebiasaan ini kemudian membawa dirinya menemukan apa yang menjadi minat belajarnya, Adi kemudian mendaftarkan diri di Politeknik Negeri Kupang DIII Ikatan Dinas PLN jurusan Teknik Elektro. Kali ini, tidak terlepas dari dukungan doa dari Sang Ibu yang tak hentinya, Adi berhasil melewati tahap demi tahap dengan hasil yang memuaskan dan dinyatakan resmi lulus menjadi mahasiswa Politeknik Negeri Kupang DIII Ikatan Dinas PLN Jurusan Teknik Elektro.

“Apapun yang saya kerjakan, semuanya tidak pernah lepas dari doa Ibu yang tidak pernah berhenti untuk saya. Jadi ketika saya berhasil lulus kali ini, itu pun berkat dia Ibu saya” ucap Adi.
Kini, Adi sudah berada di Semester 3 perkuliahannya. Sehari-hari Adi selain sibuk belajar, dia juga membantu kakaknya memproduksi bakso untuk didistribusikan ke sejumlah pasar dan minimarket yang ada di Kota Kupang. Usaha inilah yang hasilnya akan digunakan untuk membiayai kuliahnya.

Baca Juga :  Wagub NTT Minta Distribusi Pupuk Bersubsidi Dipercepat

Pada Jumat 13 September 2019, Adi turut mengambil bagian sebagai peserta di Kuliah Umum Bersama PLN Group dengan tema “Light Up Your Millenial Power” di Auditorium Politeknik Negeri Kupang. Tidak lupa, Adi juga mengikuti lomba foto instagram dengan tema “Listrik Memudahkan Keseharianku”. Adi mengaku, tema ini sangat sesuai dengan apa yang dia kerjakan sehari-hari.

Adi kemudian mengunggah foto-foto di akun instagramnya disertai dengan keterangan foto yang informatif mengenai seberapa besar listrik mempengaruhi kegiatan hariannya.

Ketika diumumkan sebagai pemenang (24/9) Adi mengaku tidak menyangka dia berhasil memenangkan lomba foto yang diselenggarakan oleh PLN Group tersebut.

Hadiah satu buah laptop yang dia terima akan digunakan sebagai modal mengerjakan tugas akhirnya. “Terima kasih BUMN, Terima kasih PLN” ucap Adi Prasetyo ketika diwawancara (25/9) di Kantor Wilayah PLN UIW NTT

“Atas nama manajamen PLN, kami ucapkan selamat atas kemenangannya dan sukses untuk belajarnya. Semakin rajin dan giat” Ucap Galih Chrissetyo selaku Senior Manager SDM dan Umum. (siaran pers PLN NTT)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda