Home / Humaniora / 70 Orang Ikut Lomba Tarian Foti di Kupang

70 Orang Ikut Lomba Tarian Foti di Kupang

Ilustrasi Tarian Foti/Copyright David Sio
Ilustrasi Tarian Foti/Copyright David Sio

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Sebanyak 70 orang mengambil bagian dalam lomba tarian Foti yang digelar Pemerintah Kota Kupang sejak Jumat pekan lalu.

Lomba tersebut untuk memperebutkan piala bergilir wali kota. Foti adalah tarian tradisional asal Pulau Rote, biasa dipentaskan untuk menyambut kedatangan para prajurit yang pulang dari medan perang.

Namun saat ini tarian tersebut biasa dipentaskan di acara adat, acara pemerintahan dan pertunjukan seni dan budaya.

Sekretaris Kota Kupang Bernadus Benu mengatakan lomba tersebut bertujuan melestarikan
dan mengenalkan tarian tersebut kepada masyarakat.

“Lomba tarian Foti sebagai upaya menumbuhkan kecintaan remaja dan pemuda terhadap seni budaya kita, dan meningkatkan partisipasi serta menjalin hubungan kerja sama bersama masyarakat dalam rangka peningkatan pelayanan publik, ” ujarnya.

Baca Juga :  PLN NTT Gelar 'Satu Kepedulian Sejuta Kehidupan'

Ketua Dewan Juri Herman Eben Lay mengatakan tarian Foto terbagi dua yakni Foti yang sering dipentaskan di berbagai acara, serta satu lagi bernama Kakamusu lima pahlawan perang. Seperti tarian lainnya, para penari harus bergerak sesuai irama gong dan tambur. Peserta lomba harus mengenakan pakaian adat Rote.

“Kalau menari pasangan dia harus seirama dengan bunyi gong. Jika gerakan penari tidak seirama akan mengurangi nilai mereka,” ujarnya. (rr)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda