Home / Politik / 651.000 Warga NTT Terancam Tidak Memilih di Pemilu 2019

651.000 Warga NTT Terancam Tidak Memilih di Pemilu 2019

Ilustrasi: KTP Elektronik
Ilustrasi: KTP Elektronik

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Sebanyak 651.000 warga di Nusa Tenggara Timur belum merekam data kartu tanda penduduk (KTP) elektronik, dikhawatirkan tidak dapat menyalurkan hak suaranya pada pemilu 2019.

Anggota Bawaslu NTT Jemris Fointuna mengatakan puluhan ribu warga tersebut terdata sebagai warga wajib KTP Elektronik. Namun, mereka dapat menyalurkan hak suaranya di pemilu jika nama-nama mereka sudah masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT).

“Kalau belum rekam data e-KTP dan nama mereka tidak ada dalam DPT, tentu tidak bisa mencoblos,” kata Jemris di Kupang, Jumat (2/1/20181).

Warga yang belum melakukan perekaman data KTP elektronik tersebar di sejumlah kabupaten, dengan jumlah terbanyak di Kupang 109 ribu orang, Timor Tengah Selatan 83.000 orang, dan Sumba Barat Daya 82.000 orang.

Baca Juga :  Kerajaan Prailiu Dukung Viktor-Josef

Selanjutnya Kota Kupang 69.000 orang, Malaka 45.000 orang, Flores Timur 40.000 orang, sedangkan kabupaten lainnya di bawah 30.000 orang.

“Kami berharap masyarakat segera melakukan perekaman KTP elektronik sehingga apabila tidak terdaftar dalam DPT, mereka dapat menggunakan hak pilihnya dengan membawa KTP elektronik di TPS sesuai alamat domisili dalam KTP tersebut,” ujarnya.

Sesuai Pasal 348 ayat 1 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu menyebutkan pemilih yang berhak mengikuti pemungutan suara di TPS meliputi pemilik KTP elektronik yang terdaftar
pada daftar pemilih tetap di TPS, pemilik KTP Elektronik yang terdaftar pada daftar pemilih tambahan, pemilik KTP Elektronik yang tidak terdaftar pada daftar pemilih tetap dan daftar pemilih tambahan, dan penduduk yang telah memiliki hak pilih.

Baca Juga :  Warga Liliba Antusias Berikan Suara di TPS

Namun faktanya di beberapa kabupaten dan kota di NTT warga yang belum melakukan perekaman KTP Elektronik masih cukup banyak,” ujarnya. (gma)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda