Home / Humaniora / 531 Narapidana di NTT Sudah Dibebaskan

531 Narapidana di NTT Sudah Dibebaskan

Pembebasan Narapidana/Foto: Kanwil Hukum dan HAM NTT/Febi
Pembebasan Narapidana/Foto: Kanwil Hukum dan HAM NTT/Febi

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Jumlah narapidana (napi) dewasa dan anak yang dibebaskan dari 18 penjara di Nusa Tenggara Timur (NTT) sampai Senin (6/4) mencapai 531 orang, bertambah dari dua hari sebelumnya 160 orang.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT Marciana D Jone mengatakan pembebasan napi masih berlangsung sampai Selasa (7/4). “Data finalnya besok karena pembebasan terakhir 7 April 2020,” katanya seperti dikutip mi.

Ratusan napi tersebut terdiri dari 517 orang melaksanakan asimilasi di rumah, delapan orang bebas bersyarat, dan enam orang cuti bersyarat.

Marciana mengatakan napi yang dibebaskan, terbanyak dari Lapas Kelas IIA Kupang sebanyak 118 orang, Lapas IIB Waikabubak, Sumba Barat 64 orang, dan Lapas IIB Atambua, Kabupaten Belu 53 orang, dan Lapas Kelas IIA Waingapu, Sumba Timur 37 orang.

Baca Juga :  Peserta Sail Komodo Masuk Perairan Flores

Untuk lapas dan rumah tahanan (rutan) lainnya, napi yang dibebaskan di bawah 30 orang seperti Ruten Kelas IIB Soe, Timor Tengah Utara delapan orang, Lapas Perempuan Kelas IIB Kupang 11 orang, dan Lapas Kelas IIB Ende 14 orang.

Pembebasan napi dalam rangka mengurangi over crowding untuk meminimalisir penyebaran virus korona di penjara. Dia menegaskan tidak ada napi kasus korupsi yang dibebaskan.

Saat ini jumlah penghuni lembaga pemasyarakatan di NTT tecatat 3.189 orang, terbanyak di Lapas Kelas IIA Kupang 477 orang, Lapas Kelas IIB Waikabubak 369 orang, Lapas Kelas IIA Waingapu 247 orang, dan Lapas Kelas IIB Atambua 209 orang. (*/gma)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda