Home / Daerah / 300 Prajurit TNI AL Latihan Pengamanan Pemilu 2019

300 Prajurit TNI AL Latihan Pengamanan Pemilu 2019

Foto: Dispen Lantamal VII
Foto: Dispen Lantamal VII

Bagikan Halaman ini

Share Button

 

Kupang–Sebanyak 300 prajurit gabungan menggelar latihan latihan pengamanan Pemilu 2019 di Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VII Kupang, Nusa Tenggara Timur, Kamis (31/1).

Latihan dipusatkan di halaman Markas Lantamal VII di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) difokuskan pada penanggulangan huru hara jelang maupun saat pelaksanaan pemilu.

“Latihan ini dalam rangka mempersiapkan seluruh personel TNI AL Lantamal VII mendukung pengamanan pemilu serta mencegah dan mengantisipasi segala kemungkinan gangguan keamanan dan ketertiban yang ada di wilayah kerja Lantamal VII Kupang meliputi NTT dan Nusa Tenggara Barat (NTB),” kata Pabanops Staf Operasi Lantamal VII Kupang Letkol Laut (P) Jarot Wibisono.

Baca Juga :  Cuaca Buruk, ASDP Kupang Tutup Dua Rute Pelayaran

Latihan tesebut meliputi empat sesi yakni pembinaan fisik, formasi PHH, penindakan massa (demonstran ), dan penyelamatan korban.

Prajurit yang berasal dari TNI Lantamal VII/Kupang, Marinir Yonmarhamlan VII, Polisi Militer Lantamal VII, Anggota Rumah Sakit AL Lantamal VII, dan prajurit satuan patroli laut Lantamal VII Kupang. Menurutnya, latihan tersebut juga sebagai bagian dari mendukung keamanan dan ketertiban jelang pelaksanaan pemilu.

Kepala Dinas Penerangan Lantamal VII Kupang Mayor Laut (T) Rakhmat Yuniar menambahkan TNI AL akan membantu Polri ngamankan jalannya pelaksanaan Pemilu di NTT seperti diatur dalam UU TNI Nomor 34 Tahun 2004.

Menurutnya latihan tersebut merupakan latihan pertama, sedangkan latihan dengan melibatkan prajurit dalam jumlah lebih bsar akan digelar pada 4 Februari mendatang. (gma/mi)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda