Home / Nasional / 20 Kilometer Jalan Menuju Amfoang Segera Diaspal

20 Kilometer Jalan Menuju Amfoang Segera Diaspal

Bagikan Halaman ini

Share Button

 

Ruas Jalan ke Amfoang

Ruas Jalan ke Amfoang

KUPANG—LINTASNTT.COM: Pemerintah telah mengucurkan dana sebesar Rp70 miliar untuk mendanai pengaspalan ruas jalan yang menghubungkan ibu kota Kabupaen Kupang dengan sejumlah kecamatan di Amfoang.

Amfoang adalah wilayah Kabupaten Kupang yang berbatasan dengan Distrik Oekusi, Timor Leste, berjarak sekitar 159 kilometer.

Anggota Komisi V DPR Fary Francis, Kamis (31/10) mengatakan pada tahap awal ruas jalan yang dilapisi asal mencapai 20 kilometer dan pengerjaannya akan dimulai awal 2014. Sesuai rencana, pada 2015 ruas jalan menuju Amfoang yang diaspal mencapai 70 persen dan rampung pada tahun berikutnya.

Seperti diketahui ruas jalan menuju Amfoang dalam kondisi rusak parah yang mengakibatkan waktu tempuh bisa mencapai 12 jam. Pada musim hujan, warga yang bepergian ke Amfoang bahkan menginap di jalan karena banjir di kali.

Baca Juga :  Antisipasi Krisis Pangan, Bulog Datangkan 51.160 Ton Beras ke NTT

Hasil bumi seperti pisang dan umbi-umbian dijual murah kepada pedagang perantara yang datang ke sana. Adapun akses terhadap air bersih dan fasilitas kesehatan dan pendidikan juga terbatas. Kondisi seperti ini membuat warga setempat sering melakukan transaksi bersama warga Timor Leste. Bahkan sesuai laporan Pemerintah Kabupaten Kupang, sebanyak 40 keluarga asal Kecamatan Amfoang Timur telah menjadi warga Timor Leste karena menganggap kehidupan di sana lebih baik daripada bersama Indonesia. (GBA)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda