Home / Nasional / 20.000 Orang Pawai Paskah di Kupang

20.000 Orang Pawai Paskah di Kupang

Bagikan Halaman ini

Share Button
Pawai Paskah/Foto: Gamaliel

Pawai Paskah/Foto: Gamaliel

Kupang—Lintasntt.com: Ratusan pemuda lintas agama mengambil bagian dalam pawai kemenangan Paskah atau Hari Kebangkitan Yesus Kristus di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Senin (6/4).

Pawai akan dilepas oleh Gubernur NTT Frans Lebu Raya dari depan Gereja Anugerah di Jalan El Tari mulai pukul 14.00 Wita dan dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Yohana Yembise.

Ketua Pemuda Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) NTT Winston Rondo mengatakan pelibatan pemuda lintas agama tersebut seperti pada pawai tahun-tahun sebelumnya dengan tujuan mempertahankan semangat kebersamaan di daerah itu.

“Pemuda lintas agama dari Gerakan Pemuda Ansor, Pemuda Budha, dan Pemuda Hindu Darma yang ada di kupang turut ambil bagian dalam pawai,” kata Winston kepada wartawan. Pawai diikuti 118 rombongan termasuk pemuda Islam, Hindu, dan Budha. Setiap rombongan terdiri dari 200 orang sehingga total peserta yagn akan mengikuti pawai sekitar 20.000 orang.

Baca Juga :  Ari Yusnita Dukung UU Konvensi Minimata Mengenai Merkuri

Ia mengatakan pelibatan pemuda lintas agama dalam pawai paskah juga bertujuan memperkukuh kerukunan dan toleransi antarumat beragama. “NTT merupakan daerah yang tingkat toleransinya cukup tinggi di Indonesia,” katanya.

Peserta akan melintasi Jalan Soeharto, Sudirman, Mohammad Hatta. Urip Sumoharjo, Ahmad Yani, dan berakhir di Gereja Talitakumi, Kelurahan Pasir Panjang di Jalan Timor Raya. Banyaknya peserta pawai, diperkirakan baru berakhir sekitar pukul 21.00 Wita.

Ratusan kendaraan yang ikutsertakan dalam pawai, dihiasi dengan gambar warna-warni, dan berbagai pesan yang ditulis pada kain mengenai kemenangan Yesus Kristus atas maut. Sepanjang perjalanan umat terus menyanyikan tembang gerejawi diiringi musik yang diangkut mengunakan truk bak terbuka.

Baca Juga :  Kepala BPJS Ketenagakerjaan Banusra Bertemu Wagub NTT

Pawai mengakibatkan lalu lintas macet karena ruas jalan yang dilewati peserta pawai sudah ditutup aparat keamanan sejak pukul 10.00 Wita. Ratusan personil disiagakan untuk mengamankan jalannya pawai. Meski situasi Kupang kondusif, pengamanan terlihat ketat guna melindungi peserta pawai terhadap kemungkinan munculnya hal-hal yang tidak diinginkan. Puluhan ribu warga Kota Kupang juga mulai tumpah ke jalan untuk menyaksikan pawai dari dekat. (mi/gamaliel)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda