Home / Bisnis / 199 Rumah Subsidi Terjual pada Expo REI NTT

199 Rumah Subsidi Terjual pada Expo REI NTT

Rumah Bersubsidi/Foto: Lintasntt.com
Rumah Bersubsidi/Foto: Lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Sebanyak 199 unit rumah subsidi terjual selama Expo Real Estat Indonesia (REI) Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berlangsung sejak 2-12 April 2019 dengan total nilai penjualan Rp30,5 miliar. Harga rumah subsidi sebesar Rp148,5 juta per unit.

Jumlah rumah yang terjual tersebut meleset dari target sebelumnya sebanyak 250 unit atau senilai Rp45 miliar, serta menurun dari Expo REI terakhir November 2018 sebesar Rp43,8 miliar.

“Kami berharap bisa meraih keuntungan sebesar Rp40 miliar dari penjualan 250 unit rumah subsidi dan rumah komersial, namun hanya mencapai 199 unit rumah saja,” katanya Ketua DPD REI NTT Bobby Pitoby kepada wartawan, Jumat (12/4) petang.

Namun, Dia memastikan sebelum expo ditutup pada Jumat malam, rumah subsidi yang terjual akan bertambah, bisa mencapai 220 hingga 230 unit. Menurut Bobby, sebagian besar rumah bersubsidi tersebut dibangun di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang yang memang kebutuhan rumah di dua daerah itu sangat tinggi.

Baca Juga :  PT PKGD Segera Bangun Tambak Garam di Lahan Seluas 110 Hektare

Menurut Bobby, permintaan rumah di masyarakat cukup tinggi namun terhambat tingginya bea peroleh hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) yang dibebankan kepada konsumen yang angkanya berkisar antara Rp11 juta-Rp15 juta.

“Padahal kalau tidak ada BPHTB, masyarakat hanya menyetor Rp1,5 juta saja, sudah bisa memiliki rumah bersubsidi dengan cicilan Rp900 ribu per bulan selama 20 tahun,” ujarnya. (mi)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda