Home / Bisnis / 174 Peserta Ikut Bimtek Pengelolaan Pendapatan Daerah

174 Peserta Ikut Bimtek Pengelolaan Pendapatan Daerah

Bagikan Halaman ini

Share Button
Jefri Pelt

Jefri Pelt

Kupang—Sebanyak 174 peserta mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Pengelolaan Anggaran yang digelar Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Kupang, Selasa (10/11).

Peserta terdiri dari 123 orang dari Dispenda dan 51 orang lagi berasal dari aparat kelurahan. Bimtek digelar di sebuah hotel di Jalan Timor Raya Kupang.

Bimtek ini merupakan salah satu upaya strategis menciptakan aparatur pemerintah yang memiliki kompetensi dan kemampuan yang memadai dalam menjalankan fungsi pengelolaan pendapatan daerah

Wali Kota Kupang Jonas Salean dalam sambutanya yang dibacakan Asisten III kota Kupang J L Tokoh menyehutkan pajak dimanfaat untuk mendanai belanja aparatur dan belanja publik yang dituangkan dalam APBD.

Tahun ini target penerimaan pajak sebesar Rp125,1 miliar lebih, sedangkan target penerimaan pajak dari Dispenda sebesar Rp56,4 miliar lebih. Pajak tersebut berasal dari hotel, restoran, hiburan, reklame, Pajak Bumi dan Pembangun (PBB) perdesaan dan perkotaan. Bea perolehan hak atas tanah dan/atau bangunan, penerangan jalan, retribusi jasa umum dan penerimaan lain-lain.

Baca Juga :  Forum Ekbis NTT Salurkan 450 Paket Ramadan

Ia mengingatkan, kendati telah mengikuti kegiatan bimtek, aparatur pemerintah tetap dituntut jujur dan transparan dalam mengelola pajak. “Bimtek ini sebagai wahana pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan tentang pengelolaan pendapatan daerah,” ujarnya.

Kadis Pendapatan dan Aset Daerah Kota Kupang Jefri Pelt mengatakan bimtek mendukung kinerja aparat Dispenda dalam proses pengelolaan pendapatan. Adapun bimtek adalah teknik pengelolaan pendapatan bagi aparat agar memiliki kemampuan yang nantinya mendukung peningkatan PAD. (rr)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda