Home / Daerah / 14 Titik Panas Terpantau di NTT

14 Titik Panas Terpantau di NTT

Kebakaran Lahan Terpantau di Flores Beberapa Waktu Lalu. Foto: lintas
Kebakaran Lahan Terpantau di Flores Beberapa Waktu Lalu. Foto: lintas

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang-Jumlah titik panas (hotspot) yang terpantau di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) terus bertambah dalam satu pekan terakhir.

Data terakhir titik panas yang diperoleh BMKG Stasiun El Tari Kupang dari Lapan, Minggu (4/8) menyebutkan terdapat 14 titik panas menyebar di tujuh kabupaten.

Titik panas tersebut terpantau lewat satelit Modis Terra dan Aqua sejak Sabtu (4/8). Tujuh kabupaten yang disebutkan terdapat titik panas yakni Alor, Nagekeo, Ngada, Manggarai Timur, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah dan Sumba Timur.

“Informasi hotspot di NTT yang terpantau satelit dengan tingkat kepercayaan di atas 80 persen,” kata Prakirawan BMKG Stasiun El Tari Kupang, Maria Seran.

Sebelumnya pada Kamis (1/8), BMKG melaporkan 11 titik panas di tujuh kabupaten tersebut. Titik panas di Sumba Timur tercatat paling banyak dibandingkan kabupaten lainnya yakni enam titik di wilayah Haharu, Lewa, Paberiwai dan Tabundung.

Baca Juga :  Waspada Hujan Lebat dan Petir di Timor

Akan tetapi pada Minggu pukul 11.00 Wita, titik panas tidak terlihat lagi. Kondisi tersebut menurut Maria, kemungkinan disebabkan tutupan awal tebal. “Karena saat ini tutupan awan di sebagian wilayah NTT cukup banyak,” ujarnya.

Menurutnya pemicu titik panas yang sering terjadi di NTT adalah kebiasaan masyarakat membakar rumput di lahan atau kebun mereka sebelum ditanami.
“Kekeringan dan hembusan angin yang kencang juga menjadi penyebab tidak langsung dalam sebaran suatu titik panas tersebut,” tambahnya. (sumber: mi))

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda