Home / Humaniora / 12 Siswa Miskin Ditolak Masuk SMA 9 Kupang

12 Siswa Miskin Ditolak Masuk SMA 9 Kupang

Siswa Tidak Diterima di SMA 9 Kupang/Foto: Gamaliel
Siswa Tidak Diterima di SMA 9 Kupang/Foto: Gamaliel

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Sebanyak 12 siswa miskin mengadu ke DPRD Nusa Tenggara Timur, Selasa (26/7/26) setelah ditolak saat mendaftar di SMA Negeri 9 Kota Kupang.

Para siswa tersebut berasal dari Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, dan Timor Tengah Utara. Selama ini mereka ditampung di Panti Asuhan Sonaf Maneka di Kelurahan Lasiana yang berjarak sekitar satu kilometer dari SMA 9.

“Siswa-siswa ini selain miskin, juga ada anak yatim piatu. Mereka tidak punya uang untuk melanjutkan pendidikan sehingga ditampung di Panti Asuhan,” kata Ketua Panti Asuhan Sonaf Maneka, Blasius Umbu Mana kepada wartawan.

Menurut Blasius, alasan yang disampaikan pihak sekolah ialah siswa mesti membawa surat rekomendasi pindah wilayah dari kepala Dinas Pendidikan asal siswa.

Baca Juga :  Sinode GMIT Utus 212 Pendeta

Padahal menurut Dia, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT bersama Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Kupang sudah memberikan rekomendasi kepada sekolah untuk menerima siswa miskin tersebut. “Tetapi ada saja alasan yang dibuat-buat untuk mencegah anak-anak ini masuk sekolah,” kata Blasius.

Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Kota Kupang Adegina Liu mengatakan pihaknya tetap bekerja seusai petunjuk teknis (Juknis) penerimaan siswa baru. Salah satu butir dalam juknis ialah siswa asal kabupaten berbeda, harus melampirkan surat rekomendasi pindah wilayah.

“Para siswa itu sudah mengambil formulir pendaftaran, tetapi mereka belum memiliki surat rekomendasi pindah wilayah, akibatnya formulir pendaftaran belum dimasukan kembali ke sekolah,” ujarnya.

Dia mengatakan sekolah tidak akan bekerja di luar juknis guna menghindari munculnya persoalan. “Saya sudah ditelepon dua kali oleh kepala dinas pendidika provinsi, tetapi saya jelaskan tetap mengikuti juknis,” tandasnya. (gma/sumber: mi)

Baca Juga :  50 Dokter FKH Undana Cek Kesehatan Daging Kurban

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda