Home / Politik / 12 Parpol Lolos Verifikasi Faktual di NTT

12 Parpol Lolos Verifikasi Faktual di NTT

Ketua KPU NTT Maryanti Adoe
Ketua KPU NTT Maryanti Adoe

Bagikan Halaman ini

Share Button

 

Kupang–Sebanyak 12 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Politik (Parpol) di Nusa Tenggara Timur (NTT) dinyatakan lolos verifikasi faktual.

Dua parpol itu ialah Nasdem, PDIP, Golkar, Gerindra, Hanura, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), PKPI, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), PPP, dan Partai Bulan Bintang (PBB).

KPU melakukan verifikasi sehak 28-30 Januari 2018 meliputi kepengurusan parpol, keterwakilan perempuan dalam kepengurusan sebesar 30%, dan domisili kantor.

Menurut Maryanti, pada verfikasi tersebut, hanya enam parpol yang memenuhi syarat yang ditetapkan KPU, sedangkan enam parpol lainnya yang tidak memenuhi syarat, dilakukan verikasi perbaikan pada 3 Februari 2018. “Hasilnya semua parpol memenuhi syarat,” kata Ketua KPU NTT Maryanti Adoe di Kupang, Minggu (4/2).

Baca Juga :  Relawan Jokowi-JK di Kupang Jalan Santai Akhiri Masa Kampanye

Verifikasi faktual terhadap partai politik untuk membuktikan keabsahan dan kebenaran persyaratan partai politik calon peserta pemilu 2019.

Menurut Maryanti, saat ini parpol di kabupaten dan kota masih melakukan perbaikan berkas sebelum KPU setempat melakukan verifikasi perbaikan pada 6 Februari. “Selanjutnya KPU akan menggelar pleno terbuka hasil verifikasi parpol di tingkat provinsi pada 11 Februari,” ujarnya.

Agenda KPU selanjutnya ialah penetapan pasangan gubernur dan wakil gubernur pada 12 Februari yang dilanjutkan dengan penarikan nomor urut pada 13 Februari, dan deklarasi kampanye damai pada 15 Februari. (mi)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda