Home / Humaniora / 1.396 Siswa Tidak Dapat Kelas di SMK 1 Kupang

1.396 Siswa Tidak Dapat Kelas di SMK 1 Kupang

Ilustrasi: Siswa SMA Negeri 1 Kupang. Foto: Gamaliel
Ilustrasi: Siswa SMA Negeri 1 Kupang. Foto: Gamaliel

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kupang, NTT akan mengalihkan 1.396 siswa yang mendaftar secara daring (online) di sekolah tersebut ke sekolah lain karena daya tertampung terbatas.

“Banyak siswa akan dialihkan ke sekolah lain karena daya tampung SMKN 1 terbatas,” kata Kepala SMKN 1 Kupang Mathias Beeh di Kupang, Kamis (6/7/2017).

Dia menyebutkan selama penerimaan peserta didik baru (PPDB) online 3-5 Juli 2017, calon siswa yang mendaftar berjumlah 2.116 orang. Dari jumlah itu, sekolah akan menerima 720 siswa yang terbagi dalam 20 rombongan belajar, masing-masing rombongan belajar 36 siswa.

Dengan demikian sebanyak 1.396 siswa akan dialihkan ke SMK lainnya yang memiliki jurusan yang sama seperti jurusan di SMKN 1.

Baca Juga :  SMK 1 Kupang Berangkatkan 8 Siswa Magang di Thailand

Menurut Mathias, pihaknya telah melaporkan ke kepala dinas sehingga siswa yang tidak tertampung tersebut tetap melanjutkan pendidikan mereka ke SMK. “Misalnya siswa yang tidak diterima tersebut memilih jurusan akuntansi, akan direkomendasikan ke SMK 6 yang memiliki jurusan akuntansi,” kata Dia.

Namun identitas siswa yang ditolak belum diumumkan karena pihak sekolah masih melakukan validasi berkas yang kemudian dilanjutkan dengan tes tertulis pad 8 Juli mendatang. Mathias mengatakan siswa yang diterima di sekolah tersebut akan diseleksi nilai ebtanas murni (NEM) dan hasil tes tertulis.

“Hasil tes kompetensi kejuruan akan disatukan dengan NEM kemudian diumumkan nama-nama siswa yang diterima,” kata Mathias.

Dia menyebutkan pendaftaran siswa online sangat bermanfaat karena tidak terjadi antrean panjang di loket pendaftaran sekolah. Selain itu, pihak sekolah juga bebas dari intimidasi dari pihak tertentu karena menginginkan anak-anak mereka masuk di SMKN 1.  (sumber: mi/palce)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda