Home / Lingkungan / 1.220 Orang Bersihkan Sampah Laut di Kelapa Lima dan Oesapa

1.220 Orang Bersihkan Sampah Laut di Kelapa Lima dan Oesapa

Bersihkan Sampah di Pantai Oesapa/Foto: BKKPN
Bersihkan Sampah di Pantai Oesapa/Foto: BKKPN

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang—Sebanyak 1.220 orang dari berbagai kalangan membersihkan sampah laut di dua titik di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu (19/8).

Kegiatan itu dimulai serentak pukul 15.00 Wita, di dua titik yakni pantai Kelapa Lima dan Pantai Oesapa.

di Pantai Kelapa Lima, pembersihan sampah dilakukan oleh 38 penyelam. Mereka menyelam sekitar 100 meter dari bibir pantai untuk mengambil sampah. Titik lainnya di pesisir pantai Pantai Oesapa, dibersihkan antara lain oleh BKKPN, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), TNI, Polri, pelajar dan pemerintah daerah.

Kepala Balai Konservasi Kawasan Perairan Nasional (BKKPN) Kupang Ikram Sangaji mengatakan kegiatan itu bagian dari ‘Gerakan Menghadap Laut’ yang diinisiasi Menteri Kelautan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti.

Baca Juga :  Penjelasan BMKG Tentang Cuaca di Kota Kupang

Gerakan pembersihan pantai dan laut digelar serentak di 73 titik dari Sabang sampai Merauke. Salah satu titik ialah Kota Kupang.

“Kegiatan ini untuk membangkitkan semangat bersama-sama membersihkan pantai dan laut dalam rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73,” kata Ikram Sangaji. Kegiatan tersebut diharapkan menjadi pelajaran bagi warga sehingga mereka tidak membuang sampah ke laut maupun ke kali.

“Hampir sebagian besar pantai di Indonesia sangat kotor dan tidak terawat sehingga inisiasi ini menunjukkan bahwa Indonesia berkomitmen peduli terhadap sampah plastik di laut,” ujarnya. (gma/mi)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda